5 minute read

Tahun lalu, saya pernah membuat chatbot sederhana menggunakan R. Awalnya saya ingin membuat chatbot yang benar-benar berfungsi sebagai ajang edukasi atau QnA dari teman-teman semua terkait matematika, statistika, dan machine learning.

Kalian bisa langsung cek ke Telegram dan search ikanx.bot.

Tapi ternyata membuat algoritma NLP lumayan susah untuk bahasa Indonesia yah.

Di masa pemberlakuan PSBB ini, saya memiliki waktu yang cukup untuk membuat beberapa algoritma lain yang bisa di-embed ke dalam chatbot ini. Apa saja itu? Cekidot yah.


Harga Emas

Ini adalah algoritma yang cukup mudah untuk di-embed ke chatbot di R. Flownya juga sangat mudah, yakni:

Contohnya ini yah:


Kurs Rupiah

Algoritma ini sama dengan algoritma harga emas. Flow-nya seperti ini:

Contohnya ini yah:


Data Karhutla

Algoritma karhutla ini saya buat saat terjadi kebakaran hutan yang sempat heboh tahun 2019 lalu. Flow-nya juga relatif mudah, hanya ada tambahan membuat chart atau grafik untuk sender.

Contohnya ini yah:


Kurasi Berita Terkait CORONA dari detik.com

Bisa gak sih baca berita dari detik.com tanpa harus membuka browser atau aplikasinya?

Dengan menggunakan chatbot saya, tentu bisa! hehe

Saya membuat algoritma yang bisa menampilkan lima berita ter-update (real time) dari detik.com terkait corona langsung di chat.

Flow-nya sebagai berikut:

Contohnya ini yah:


Grafik Real-Time Data COVID-19 dari worldometers.info

Sekali lagi, tampaknya chatbot ini bisa digunakan untuk mengambil dan menganalisa data secara real-time hanya dengan pemantik perintah yang diberikan via chat telegram.

Dengan menggunakan perintah /covid, maka secara otomatis algoritma akan melakukan scraping dan visualising data berikut ini:


SurveyBot

Seharusnya dalam beberapa minggu ini, saya sedang melakukan suatu project survey. Namun akibat wabah ini, tidak mungkin bagi tim interviewer untuk berkeliling melakukan survey. Oleh karena itu diperlukan cara lain untuk melakukan survey.

Entah kenapa survey dengan menggunakan online form terlihat membosankan dan tidak cukup interaktif. Sekarang saya ingin mencoba membuat algoritma yang memungkinkan chatbot digunakan untuk melakukan survey.

Jadi seolah-olah responden sedang ditanya-tanya oleh orang melalui chat.

Nanti hasilnya akan direkap secara otomatis di log files dengan format .xlsx. Ini lebih baik daripada online forms, karena kita bisa memberikan sentuhan humanis dan responden bisa menyelesaikan kuesioner kapanpun dia sempat tanpa harus khawatir form-nya hilang karena jaringan terputus.


Text to Data Frame Converter

Pada tulisan sebelumnya, saya pernah bercerita bahwa teman saya membuat layanan jual-beli antar sebagai pemberdayaan masyarakat.

Waktu itu, ia menggunakan pesan WA untuk menerima order dari pelanggan dan meneruskannya kepada seller dan kurir.

Kira-kira seperti ini bentuknya:

Dari pesan WA tersebut, secara manual tim yang terlibat merekapnya dalam bentuk format Excel.

Nah, saya berpikir apakah ada cara otomatis untuk melakukan itu?

Saya membuat algoritma yang bisa merekap data teks tersebut ke dalam tabel excel secara otomatis. Teman saya itu tinggal memforward saja pesan tersebut ke chatbot telegram saya, maka dalam hitungan miliseconds, chatbot saya akan mengembalikannya dalam bentuk file Excel.


Ya begitulah kira-kira… Ada pertanyaan?