6 minute read

Sudah lama rasanya saya tidak nge-blog dengan proper. Beberapa tulisan saya terakhir seperti kurang maksimal dan terkesan nangggung. Saya mohon maaf sebelumnya karena beberapa bulan ini (sejak sebelum ramadhan) aktivitas saya meroket dengan sangat amat tinggi. Baik di kantor, kuliah, dan ekstrakurikuler lainnya. hehe. Saya coba ceritakan satu-persatu ya.

Umrah

Alhamdulillah, menjelang ramadhan tahun ini saya dan istri akhirnya bisa melaksanakan ibadah umrah yang tertunda gara-gara pandemi. Iya tertunda! Seharusnya kami berangkat pada Maret 2020 silam. Qodarullah beberapa hari sebelum kami berangkat, Saudi menutup border-nya.

Setelah lama menunggu, akhirnya kami bisa ibadah umrah kembali. Alhamdulillah suasananya masih relatif sepi. Selain itu, Saudi sudah tidak mewajibkan adanya tes PCR dan karantina masuk.

Penelitian Kuliah

Saya mengambil jurusan Magister By Research (MBR) di ITB. Akibatnya pada semester II ini, sudah mulai heavy bobot peneitian yang dilakukan. Baik bobot berupa materi penelitian dan waktu penelitiannya. Total ada 7 sks penelitian dalam seminggu. Tapi pada realitanya, waktu yang dijalankan lebih banyak. hehe.

Ada 2 tema penelitian yang saya lakukan pada semester ini, yakni:

  1. Modifikasi agoritma spiral optimization untuk memecahkan masalah optimisasi portofolio diskon produk pada salah satu e-commerce di Indonesia.
  2. Lanjutan penelitian thesis saya terkait optimisasi pada supplier selection.

Selain itu, saya sedang asik-asiknya mengeksplor beberapa algoritma meta-heuristic untuk menyelesaikan masalah numerik dan komputasi seperti:

  1. Spiral dynamic,
  2. Black hole,
  3. Artificial bee colony.

Ujian Akhir Semester

ITB memang paling suka melihat mahasiswanya gelisah. hehe.

Bayangkan saja, di saat orang-orang libur lebaran dengan tenang, kami harus siap-siap ujian. Seminggu setelah lebaran, UAS menanti. Sebenarnya pada semester ini, saya hanya mengambil satu mata kuliah yang benar-benar ada kuliah-nya, yakni : data mining in science.

Ternyata di luar dugaan, mata kuliah tersebut cukup sulit. Jika sekedar ngoding untuk membuat supervised learning dan unsupervised learning tentu hal yang mudah. Tapi mata kuliah ini lebih heavy terhadap konsep matematika yang ada di balik setiap model tersebut.

Tugas akhir kuliah juga cukup menyulitkan. Jangan bayangkan saya bisa menggunakan existing library di R karena soalnya sangat customize sehingga saya harus membuat function tersendiri untuk menyelesaikan masalah clustering.

Mengajar

Tercatat beberapa kali saya mengajar sebagai dosen tamu dalam 2-3 bulan silam untuk rekan-rekan mahasiswa matematika di berbagai Universitas. Ada dua hal yang biasanya saya share kepada mereka, yakni:

  1. Market research,
  2. Data science.

Saya selalu menghubungkan konsep-konsep matematika pada kedua materi di atas.

Eksplorasi Cara Kerja Baru

Tidak terasa pandemi sepertinya hampir berlalu. Kantorpun sudah menerapkan hybrid 3 WFO - 2 WFH dalam seminggu. Lantas saya pun berpikir, dengan ada Chromebook saya akan mencoba cara kerja baru.

Laptop kantor stay di rumah untuk tetap berjalan dan siap di-remote working dari kantor via chromebook.

Kenapa begitu? Beberapa pekerjaan kantor mengharusnya laptop tersebut melakukan proses tanpa henti. Oleh karena itu, ada baiknya laptop tersebut tetap di rumah mengerjakan kerjaannya sementara saya membawa laptop yang lebih kecil dan ringan.

Selain itu, saya juga mendapatkan 1 dedicated PC lain di kantor untuk mengerjakan kerjaan yang lainnya.


Sepertinya demikian kesibukan saya selama rehat ini. Semoga aja bisa balik nulis yang lebih serius lagi dalam waktu dekat.

Salam.

Tags:

Categories:

Updated: