4 minute read

Jika rekan-rekan mengikuti tulisan saya d blog ini, saya telah menceritakan bagaimana saya meng-install R Studio Server ke dalam laptop Ubuntu OS. Awalnya saya melakukan hal tersebut agar saya memiliki satu dedicated server untuk R Studio yang bisa saya gunakan di intranet rumah. Mengingat rumah saya waktu itu sangat luas. hehehe.

Seiring dengan meredanya pandemi, kebutuhan akan R Studio yang bisa digunakan di mana saja menggunakan perangkat yang lebih ringkas pun meningkat.

Di blog ini juga, saya telah bercerita:

Seakan masih ingin mencari alternatif lain yang gratis dan reliable, saya sekarang ingin menginformasikan sekaligus me-review cara penggunaan suatu software bernama ngrok agar R Studio Server dalam laptop Ubuntu OS saya bisa digunakan dari luar intranet rumah.

Fungsi utama dari ngrok adalah melakukan IP forwarding dari intranet ke luar. Sehingga semua server atau aplikasi dalam local intranet kita bisa akses dari luar tanpa harus setting DNS dan IP publik. Cara penggunaannya juga sangat mudah.

Instalasi ngrok

Untuk melakukan instalasinya di Ubuntu, cukup run perintah berikut pada terminal:

sudo snap install ngrok

maka proses instalasi akan segera dijalankan.

Setelah itu navigasikan browser ke situs ngrok. Kita hanya perlu mendaftar (gratis) untuk mendapatkan authtoken. Kita bisa gunakan akun github untuk memudahkan proses sign up.

Prosesnya juga mudah, cukup ikuti perintah dari situsnya tersebut. Jika berhasil, kita hanya perlu melakukan running perintah berikut ini di terminal:

ngrok config add-authtoken YOUR_TOKEN_HERE

Forwarding R Studio Server

Secara default R Studio Server berjalan di port 8787. Kita bisa mengaksesnya langsung via browser dengan alamat localhost:8787. Oleh karena itu agar localhost di port 8787 bisa diakses internet luas, kita perlu mem-forward-nya.

Kita cukup mengetikkan perintah berikut ini di terminal:

ngrok http localhost:8787

Setelah itu, kita tinggal tunggu prosesnya. Tidak lama, dalam waktu kurang dari 10 detik, ngrok akan memberikan alamat situs hasil forwarding tersebut.

Proses telah selesai. Untuk mencobanya, kita tinggal mengakses alamat situs tersebut menggunakan gadget lainnya.

Jika sudah selesai, kita tinggal mematikan layanan ngrok saja.


Bagaimana? Mudah kan?