4 minute read

Sampai saat ini belum ada tanda-tanda penurunan penyebaran COVID 19 di Indonesia. Justru kalau kita lihat data yang dikumpulkan oleh para relawan di situs Kawal Covid, ada beberapa temuan yang menarik menurut saya.

Apa saja?

Berbekal data yang dihimpun dari situs tersebut dan Our World in Data, yuk mari kita lihat bersama!


Cumulative Cases

Sama seperti beberapa tulisan saya sebelumnya, saya masih ingin membandingkan total kasus (kumulatif) Indonesia dengan Italy.

Kenapa dibandingkan dengan Italy?

Saya sudah pernah menjelaskannya di tulisan saya sebelumnya.

Pada bulan lalu saya sempat menduga bahwa Indonesia akan menyalip angka Italy dalam rentang waktu yang relatif tidak lama. Tapi sepertinya di Italy ada gelombang kedua sehingga angkanya juga relatif meningkat dibandingkan bulan lalu. Tentu ini hal yang tidak baik untuk kedua negara ini.

Analoginya seperti perlombaan tapi bukan dalam hal yang positif.


Penambahan Kasus vs Sembuh vs Meninggal (Harian) di Indonesia

Salah satu isu yang diangkat oleh pemerintah dan beberapa media beberapa hari ini adalah tingkat kesembuhan pasien COVID 19 yang semakin naik. Setiap harinya, banyaknya orang yang sembuh sudah semakin tinggi dibandingkan orang yang meninggal dan angka penambahan kasus baru.

Jika kita ingat kembali saat di awal-awal pandemi terjadi di Indonesia, angka kematian melebihi angka kesembuhan. Namun sekarang kita bisa melihat dari grafik di atas bahwa memang angka kesembuhan sudah relatif meningkat. Penambahan orang sembuh setiap harinya hampir sama dengan penambahan kasus positif COVID 19 baru.

Recovery rate di Indonesia per hari ini sudah mencapai angka 75.98%. Namun demikian, apakah angka ini sudah bagus? Mari kita bandingkan dengan negara lainnya!


Perbandingan Recovery Rate dari Seluruh Negara

Saya mengambil data dari situs Worldometers pagi ini pukul 07.35 WIB. Mari kita lihat dulu sebaran data recovery rate dari seluruh negara di dunia.

Ternyata, walaupun Indonesia memiliki recovery rate yang relatif tinggi tapi masih banyak negara lain yang memiliki recovery rate yang lebih tinggi (berada di range > 80%).

Negara mana saja? Berikut visualisasinya:

Besar harapan kita agar angka ini selalu bergerak naik mengikuti negara-negara lain.


Kasus Aktif Harian di Indonesia

Data terakhir yang ingin saya tunjukkan adalah angka kasus aktif harian. Mari kita lihat visualisasi berikut:

Ternyata setelah sempat melandai di masa-masa Idul Adha hingga Agustus, kasus aktif harian di Indonesia meningkat kembali sejak September hingga saat ini.


Kesimpulan

Melihat data-data di atas, kita masih harus waspada terhadap pandemi ini. Jaga diri dan komunal dari COVID 19.