3 minute read

Sebagaimana yang kita tahu, semenjak diberlakukannya relaksasi PSBB di beberapa wilayah di Indonesia, terutama di DKI Jakarta. Penambahan kasus positif di negara kita tercinta ini naik tak terkendali. Akibatnya Indonesia menjadi negara yang disegani dan ditakuti oleh negara-negara lainnya.

Sepertinya sih cara Indonesia disegani dan ditakuti oleh negara lain ini bukan seperti yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa!

Sekarang saya coba membujuk Anda, kenapa sih PSBBT (panjang amat sih istilahnya. Coba ditulis lockdown aja gitu!?) harus segera dilakukan di Indonesia yah! (minimal di DKI Jakarta dan sekitarnya).

Berbekal data yang dihimpun di situs Our World in Data per pagi ini (14 September 2020 pukul 07.00 WIB), saya akan coba membandingkan data negara kita dengan data negara lainnya seperti: Italy, Singapura, Malaysia, New Zealand, dan China.

Kenapa sih dibandingkan dengan 5 negara tersebut?

Mereka adalah negara yang menerapkan lockdown pada saat awal-awal pandemi. Mari kita bandingkan dengan Indonesia yang tidak menerapkan lockdown!

Cumulative Confirmed Cases

Menurut saya, salah satu negara dengan kasus terburuk pada saat pandemi ini adalah Italy. Sebagaimana yang kita ketahui, di sana para dokter kewalahan sampai harus menentukan siapa yang berhak hidup dan siapa yang harus direlakan meninggal.


New Confirmed Cases per Day

Di saat negara-negara pilihan ini sudah berkurang penambahan kasus hariannya, Indonesia masih terus naik dan hampir setiap hari memecahkan rekor. Kemarin, Indonesia baru saja memecahkan rekor penambahan kasus tertinggi lagi!


Cumulative Total Deaths

Data ini menyedihkan. Semoga saja tidak terus bertambah ya.


Positive Rate

Perhari ini, positive rate Indonesia masih terus naik. Data terakhir menunjukkan positive rate Indonesia ada di angka 23%.

Artinya apa?

Simpelnya: dari 100 orang yang dites swab, 23 di antaranya positif.

Tadi pagi saya mendengar berita bahwa ada pejabat yang mewaspadai gelombang kedua dari COVID-19 di Indonesia.

Kalau menurut saya pribadi:

Kita belum selesai gelombang I lho!


Perbandingan dengan India dan Amerika

Saya coba kasih unjuk bagaimana kondisi di India dan Amerika yah: