3 minute read

Mohon maaf sebelumnya jika saya menuliskan sesuatu di luar topik yang biasa saya bahas pada blog ini. Namun karena tadi siang saya pertama kali mengalami masalah listrik seperti ini, saya rasa hal ini menjadi penting untuk saya share kepada khalayak ramai.

Jadi begini ceritanya:


Siang tadi, kwh meter di rumah saya berbunyi tanda pulsa listrik prabayar sudah mau habis. Seketika itu juga saya membeli token listrik di marketplace. Namun ada keanehan saat saya hendak memasukkan 20 digit token ke kwh meter.

Setiap usaha saya memasukkan angka token selalu GAGAL. Akibatnya pulsa listrik tidak bertambah.

Saat itu saya baru sadar bahwa ada tulisan PERIKSA di kwh meter saya tersebut.

Lantas bagaimana menyelesaikan masalah ini?

Oke, hal pertama yang harus teman-teman lakukan adalah jangan panik. Kita bisa menghubungi PLN dengan berbagai macam cara. Saya sendiri memilih untuk menggunakan aplikasi PLN Mobile.

Pertama-tama, buka aplikasi PLN Mobile.

Lalu buka tab Pengaduan.

Setelah itu, kita cukup membuat pengaduan terhadap kwh meter kita. Kita akan disuruh melakukan verifikasi 9 tahap, yakni dengan cara menginput 2 digit angka yang diberikan di aplikasi PLN Mobile ke dalam kwh meter lalu menginput hasilnya kembali ke PLN Mobile.

Setelah selesai, kita akan diberikan informasi bahwa pengaduan akan diproses. Kita cukup menunggu 1-3 jam untuk petugas PLN menghubungi kita. Namun dari pengalaman saya kemarin, tidak sampai 15 menit saya sudah mendapatkan pesan WA mengenai cara me-reset error pada kwh meter saya tersebut

Setelah mengikuti langkah yang diberikan, permasalahan saya selesai dengan baik.

Jika dilihat dari rekap timeline, pelayanan dari PLN sangat sigap.