3 minute read

Ya, Anda tidak salah baca. Tulisan ini mirip dengan tulisan sebelumnya namun berbeda server dan cara melakukan forwarding-nya.

Dalam beberapa hari ini saya masih terobsesi dengan:

Bagaimana cara mengakses R Studio Server yang saya install di local melalui koneksi internet dari gadget mana saja di mana saja.

Pada tulisan sebelumnya, saya menggunakan software ngrok untuk melakukan hal tersebut. Kali ini saya akan menggunakan software pagekite.

Begini Ceritanya

Jadi selain laptop kantor, saya memiliki satu dedicated PC yang ada di laboratorium di Kantor. Iya, kamu tidak salah baca. Kantor saya punya laboratorium.

Nah, PC tersebut memang biasa saya gunakan untuk melakukan web scraping 24/7. PC tersebut berjalan menggunakan OS Windows.

Semalam saya mencoba meng-install VirtualBox agar PC tersebut bisa menjalankan Ubuntu 20.04 LTS layaknya di laptop kantor saya. Setelah berhasil, saya install R Studio Server. Prosesnya mudah namun agak lama karena koneksinya ternyata tidak stabil.

Setelah selesai, saya bisa mengakses R Studio Server melalui localhost:8787. Nah sekarang untuk bisa mem-forward-nya, saya menggunakan software pagekite.

Mirip dengan ngrok, kita cukup akses situsnya terlebih dahulu dan membuat akun gratis. Setelah itu, kita bisa mendaftarkan alamat page sebagai tujuan forward tadi.

Berbeda dengan ngrok yang selalu mendapatkan alamat page yang random. Pagekite selalu mem-forward ke alamat page yang kita daftarkan dari awal. Hal ini akan membuat hidup kita lebih mudah karena kita tinggal menggunakan alamat page yang mudah diingat.

Setelah daftar di situs dan install pagekite di PC, melalui CLI kita bisa langsung mengaktifkan pagekite dengan memanggilnya melalui Python.

Oh iya, penggunaan traffic pada pagekite di batasi sekitar 2.5 GB saja. Jika kuota tersebut habis, bisa jadi akan ada tambahan biaya. Nanti saya coba update lagi ya.

Screenshot VirtualBox